share with us

Bersama gerbang20.wordpress.com

10 Kesalahan Utama dalam Pemasaran Internet

oleh Bob Julius Onggo
bjoconsulting.com (eMarketing Research & Strategy)

Apakah Anda sudah punya situs web atau belum? kali ini saya ingin membantu Anda untuk mengevaluasi kesalahan-kesalahan umum yg sering dilakukan oleh banyak orang sehingga mereka menemui kegagalan dalam bisnis mereka secara online atau paling tidak mereka gagal dalam membidik target pasar mereka secara online. Bukan hanya secara offline.

Setelah Anda mengetahui 10 kesalahan ini, paling tidak upayakan agar Anda seminim mungkin melakukan kesalahan ini. Ingat tulisan ini dibuat sebagai pengingat agar bisnis promosi Anda via situs web berhasil!

Berikut, inilah 10 kesalahan tersebut …

Kesalahan #1: Menggunakan Hosting Service yg GRATIS
Terus terang saja, kalau Anda serius agar internet melakukan promosi thp bisnis Anda, jangan lakukan hal ini, kecuali Anda buat situs web hanya untuk hobi Anda belaka. Beberapa dari provider hosting yg gratis itu adalah Angelfire, Tripod, Geocities, HyperMart, FreeYellow, dsb. Mengapa?

Karena ada beberapa ‘hosting provider’ gratis yg ‘download time’ -nya lama atau payah. Situs web Anda merupakan aset yg paling penting, yaitu sbg perwakilan dari bisnis Anda, dan harus memberikan impresi yg baik pertama kali.

Di samping itu sebenarnya tidak gratis sama sekali. Karena mereka yg masuk ke situs web Anda pun harus melihat banner dari perusahaan hosting tsb dan kata-kata iklan mereka di
lokasi utama dari situs web Anda. Hal ini tentu sangat menguntungkan di sisi bisnis bagi perusahaan ‘hosting’ tsb.

Sekarang ini, Anda dapat menemukan perusahaan hosting di Indonesia yang memberikan harga sangat terjangkau per tahun atau per bulan sehingga prospek Anda langsung masuk ke domain situs URL Anda. Dan pastikan Anda mendaftar domain Anda sendiri.

Hendaklah serius dengan bisnis Anda, atau Anda akan percuma setelah memiliki situs web.

Kesalahan #2: Terlalu banyak grafik, java, dan music/audio, dll
Ini adalah kesalahan kedua yg harus Anda pertimbangkan dalam mengimplementasikan bisnis di internet untuk menjangkau pasar digital. Fungsi situs web perusahaan Anda adalah untuk menjual produk dan servis Anda, bukan? dan bukan untuk menghibur para pengunjung situs web Anda. Jadi segala sesuatu yg mengalihkan perhatian mereka harus dihindari.

Kalau Anda bukan seorang desainer grafis, maka grafis yg memakan waktu sewaktu ‘download’, ini akan memberikan impresi yg jelek sehingga situs web Anda tidak dapat membantu penjualan Anda terhadap pasar offline. Begitu pula dgn java yang dapat
membuat ‘crash’ browser dari para pengunjung situs web Anda. Intinya hati-hati dengan plug-ins yg lain. Begitu juga dgn suara-suara, klip musik pada situs web Anda!

Kecuali kalau Anda menjual CD, lagu-lagu, nah baru Anda bisa masukkan itu ke dalam tayangan di situs web Anda. Jadi saya ingin menuturkan ini semua dalam sisi bisnis dan pemasaran. Jangan salah sangka!

Jangan jauh-jauh, Anda bisa belajar dari 100 situs top di situs web. Lihat misalnya Yahoo yg merupakan situs web paling populer di internet. Kapan terakhir kali Anda pernah melihat aplikasi java, atau mendengar musik dari yahoo?

Kesalahan #3: Tidak Meminta, dan Bertindak Berdasarkan FeedBack
Ini merupakan kesalahan lain. Yg jelas Anda secara pribadi harus meminta kritik dan saran dan bertindak berdasarkan umpan balik dari komentar mereka.

Seperti misalnya, ada orang yg suka dan ada juga yg tidak suka mengunjungi situs web yg memiliki ‘frame’. Nah apa jadinya kalau Anda tidak meminta saran dan umpan balik komentar mereka. Karena kalau tidak, mungkin kita menyangka bahwa semuanya berjalan dgn baik, namun sejumlah pengunjung tidak suka, karena bermasalah dgn ‘browser’ mereka.

Karena itu Anda akan melihat betapa luarbiasa nilai dari umpan balik yang akan Anda terima bila Anda memintanya. Ingat prospek Anda adalah orang yang akan membeli produk dan servis Anda, dan apa pun yang Anda pikir, persepsi mereka mengenai situs dan bisnis
Anda adalah yg terpenting yang membuahkan penjualan.

Kesalahan #4: Membuang-buang Waktu Anda yg Berharga untuk Aktivitas yg tidak produktif
Sebagai seorang pemasar, aset yg paling berharga adalah waktu. Ya jelas bahwa waktu lebih berharga daripada uang, karena itu gunakan waktu Anda sebaik mungkin. Karena waktu Anda sangat terbatas, Anda harus belajar untuk memprioritaskan. Beberapa hal memang lebih penting dari yg lain.

Misalnya, pertimbangkan jumlah waktu yg Anda lakukan untuk melakukan promosi dan pemasaran. Apakah Anda tahu strategi mana yang paling efektif. Kalau Anda tidak tahu strategi pemasaran internet yg mana yg paling efektif, itu berarti Anda membuang-buang waktu. Evaluasi semua aktivitas pemasaran dan gunakan waktu Anda dengan tepat dan efisien.

Situs pencari adalah contoh yg lain. Salah satu mitos terbesar yg beredar di antara komunitas emarketing adalah agar Anda bisa menjadi jutawan dalam satu malam, Anda harus berupaya mati-matian untuk mendaftarkan situs web Anda pada peringkat 10 rangking utama pada situs pencari. Itu adalah hal bagaikan 1000 : 1, karena itu hati-hati jangan buang-buang waktu Anda untuk hal-hal seperti itu.

Salah satu hal terpenting yg dapat Anda lakukan Anda, bagaimana Anda membuat hal-hal rutin menjadi otomatis, hal ini termasuk manajemen komunikasi email beserta follow-upnya, sebaliknya dari pada mengirim email yg sama terus menerus, Anda bisa mengotomatisasikan hal ini. Untuk berhasil secara online, Anda harus menghabiskan banyak dari waktu Anda untuk promosi dan memasarkan bisnis Anda.

Kesalahan #5: Tidak mengatur komunikasi email Anda secara efisien
Komunikasi email Anda serta melakukan follow-up email yg rutin terhadap prospek dan kastemer akan sangat sangat merepotkan Anda namun pada saat yg bersamaan komunikasi via email sangatlah penting untuk menjaga hubungan dgn prospek dan kastemer Anda,
karena itu belajarlah teknik menulis ‘copywriting’ yg hidup dan persuasif.

Karena Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk memberikan impresi yg pertama kepada calon prospek.

Lalu jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan rutin hendaknya dibuat otomatis sehingga Anda akan lebih memiliki semangat untuk menjawab email yg berisi hal-hal yg tidak rutin.

Kesalahan #6: Tidak membuat atau membangun opt-in database email.
Awas! Ini kesalahan serius! Jika Anda tidak berupaya membangun opt-in email database untuk melakukan kontak reguler dengan prospek dan kastemer Anda melalui email, bisnis Anda hanya akan seperti membuang-buang duit saja. Karena hal itu sama seperti Anda tidak meminta dan bertukar kartu nama dengan calon prospek Anda yg kemudian dapat Anda lakukan follow-up.

Orang-orang pada umumnya membeli barang yg mereka inginkan kalau bisa hanya dari orang yg mereka kenal dan percaya. Karena itu tidak ada cara lain yg lebih baik untuk membuat orang percaya Anda dengan cara memperlihatkan kepada mereka bahwa perusahaan
Anda adalah pakar di bidang yg Anda tekuni dan tidak lupa mengontak mereka dengan interval waktu tertentu. Karena itu, serius sekali Anda harus membuat ezine (majalah elektronik), sebab ezine memungkinkan Anda tidak kehilangan kontak dengan target pasar Anda.

Dengan ezine, Anda membuat prospek dan kastemer Anda tetap ingat Anda, tepat ingat untuk berkunjung balik ke situs web Anda, khususnya apabila Anda memiliki informasi ttg produk baru dan update situs web.

Dengan ezine, Anda tidak akan takut mereka lupa akan perusahaan Anda, sebab nama Anda ada di dalam ezine Anda, dan di dalam benak Anda. Selain itu pun Anda akan dapat menjual iklan. Dan lebih penting lagi, dengan ezine Anda dapat membangun “kepercayaan” dan “hubungan bisnis”.

Maka pikirkan hal ini baik-baik! Jika Anda ingin membeli barang, apakah Anda akan membeli dari orang yg tidak dikenal atau dari orang yg sudah dikenal? Karena itu agar Anda tetap dikenal dan diingat dan direspek, buatlah ezine, dan itu haruslah menjadi hal yg utama dalam strategi pemasaran Anda!

Kesalahan #7: Reputasi hancur karena promosi yg salah
Belum lengkap kalau saya tidak memasukkan bahwa “spamming” adalah salah satu kesalahan lain dalam strategi pemasaran di Internet. Ini adalah kesalahan terbesar. Jadi tidak ada
alasan untuk melakukan ‘spamming’

Hal lain pun sama seperti mempromosikan produk dan bisnis perusahaan Anda terang-terang ke salah satu forum online yg tidak relevan dengan industri Anda, atau forum online yg tidak memperbolehkan promosi blak-blakan. Jadi kenapa harus mengorbankan reputasi Anda dengan cara-cara yg negatif dari strategi pemasaran yg diragukan seperti itu? Jika Anda
berbisnis namun mengabaikan masalah moral, maka bisnis Anda beresiko besar!

Aset yg paling penting bagi Anda sbg emarketer adalah reputasi. ‘spamming’ adalah cara tercepat untuk menghancurkannya. Jika bisnis Anda ingin berumur panjang! jangan lakukan!

Kesalahan #8: Lupa bahwa ‘marketing’ adalah kunci untuk berhasil
Meskipun Anda memiliki produk yg paling hebat, Anda tidak akan bisa menjualnya kalau Anda tidak memberitahukanya kepada orang lain. Tanpa promosi, Anda tidak akan punya prospek, tidak ada prospek sama juga dgn tidak ada penjualan. Masuk akal bukan?

Ada dua hal yang Anda harus lakukan agar berhasil dalam bisnis di internet dan itu harus dilakukan secara teratur dan tetap tentu.

Pertama-tama, Anda harus mengembangkan kerangka bisnis yg menguntungkan. Setelah itu Anda harus memiliki produk yg unik dan metode pemasaran yg mendatangkan penjualan, kemudian sering melakukan evaluasi terhadap strategi pemasaran online Anda.

Setelah Anda menentukan kerangka bisnis internet Anda, dan itu berhasil, maka Anda harus terus mengkonsentrasikan upaya Anda untuk mempromosikannya. Jika Anda mendapat keuntungan Rp. 10.000 per barang, maka Anda untuk mendapatkan Rp. 100 juta Anda harus
mendapatkan 100.000 kastemer. ‘Marketing’ adalah aliran darah dari bisnis Anda.

Kesalahan #9: Menyangka bahwa untuk sukses dalam berbisnis di internet Sangat mudah.

Inilah sikap mental yg salah. Jangankan bisnis di internet, bisnis offline pun agar berhasil, Anda memerlukan kerja keras, cekatan, dan cerdik. Apalagi di Internet.

Membangun bisnis online yg berhasil di Internet bukanlah dibangun dalam waktu satu malam atau dalam waktu yg relatif sangat sangat singkat. Hal itu adalah buah dari sekian banyak waktu ygn ditanam. Karena itu jika Anda ketemu teman yg mengatakan bahwa bisnis di internet sangatlah mudah, saya sarankan, “Jangan Percaya”, jangan seperti banyak investor
yg trauma karena telah menginvestasikan uang mereka kepada para pebisnis dotcom yg bangkrut.

Sikap mental cepat kaya melalui internet memang sangat populer, jika Anda percaya maka . . . Awas bisnis Anda! Tidak ada hal yang rahasia, dan tidak ada yg mistik dalam hal cari uang di internet. Anda membutuhkan kerja keras, cekatan dan kecerdikan, dan sukses akan mengikuti Anda.

Kesalahan #10: Tidak paham akan kekuatan yg sesungguhnya dari Internet.

Internet adalah sarana komunikasi. Untuk itulah diciptakan, Anda akan berhasil kalau Anda dapat memanfaatkan kekuatan komunikasi tsb. Belum pernah ada bisnis semudah dan sehemat untuk menjangkau prospek dan kastemer selain internet. Dan mungkin tidak ada lagi. Maka manfaatkan kekuatan komunikasi dari Internet.

Gunakan kekuatan internet untuk menjangkau mereka. Kemudian buat sedemikian rupa semacam ‘customer service’ melalui teknologi internet. Gunakan internet untuk mencari informasi, cari tahu kompetitor Anda, dan mengembangkan jaringan komunikasi pemasaran dgn yg lain.

Ada begitu banyak tambang emas informasi di dunia maya, namun Anda harus tahu kemana harus mencari semuanya itu.

Belajarlah cara menggunakan situs pencari untuk mencari segala sesuatu dgn mudah, segala sesuatu yg Anda perlukan dan lihat produktivitas Anda akan meningkat drastis. Tip-tip yg Anda baca ini saja sungguh luarbiasa nilainya.

Pokoknya, gunakan internet untuk berkomunikasi secara efektif. Jangan lupa bahwa bisnis di internet ada kaitannya dengan komunitas manusia.

Karena itu penting sekali Anda tahu caranya berkomunikasi via teknik tulisan yg hidup via email, dan isi dari situs web Anda.

Dan internet tidak lain dan tidak bukan adalah sarana yg efektif untuk berinteraksi dengan mereka. Jika Anda melupakan hal ini, Anda tidak akan berhasil dalam berbisnis di internet.

Demikianlah 10 Kesalahan Utama dalam Pemasaran di Internet. Tentu ada lagi kesalahan yg lain, namun pada kesempatan ini saya hanya ingin mendaftarkan 10 di antara kesalahan yg paling umum. Mudah-mudahan bila Anda menerapkannya, Anda akan memiliki permulaan awal yg baik serta jaminan yg pasti akan KEBERHASILAN dalam berbisnis di Internet.

Advertisements

January 6, 2010 - Posted by | Uncategorized |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: